Jumat, 06 Oktober 2017


Profil perusahaan PT. Lazada Internasional .



Profil Perusahaan Besar LAZADA .



Setelah berkembang dengan pesatnya bisnis e commerce di Indonesia, saya pun tertarik membahas ulasan tentang e commerce. Menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis. E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping, Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations. Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Keberhasilan sistem perdagangan online (eCommerce) di Indonesia tidak lepas dari antusiasme masyarakat Indonesia yang mendambakan sebuah kepraktisan dalam berbelanja. Lazada.co.id adalah salah satu toko online terbaik tanah air yang hadir dengan konsep produk yang lengkap dan kemudahan belanja online pesan antar. Adalah sebuah perjalanan yang menabjubkan bagi Lazada.co.id dan orang-orang dibelakanganya yang membuat Lazada menjadi besar seperti sekarang. Lazada juga merupakan jaringan e-commerce yang berpusat di Timur Tengah, tepatnya di Dubai, Uni Emirat Arab. Meskipun demikian jika dirunut-runut, ternyata Lazada sendiri masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman.
Bayangkan saja, Dalam kurun waktu satu tahun, Lazada.co.id kini telah menjadi toko online terbesar di Indoneia. Wajar bila banyak yang menjuluki Lazada.co.id sebagai “The Fastest Growing e-commerce in Indonesia”, Berikut sejarah singkat Lazada.co.id :
Bisnis online di era serba cepat dan mudah sangatlah menguntungkan. Bisnis online yang menjual barang di internet salah satunya adalah situs lazada.com. Situs ini bergerak dalam bidang IT sebagai penyedia barang seperti elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara Asia Tenggara Grup LAZADA International di Asia tenggara. Pada Januari 2012, jumlah karyawan LAZADA hanya 4 orang, dan pada bulan Agustus 2012 karyawan yang dipekerjakan naik menjadi 200 karyawan dan terus bertambah setiap bulannya.
Tom Damek selaku Managing Director di Indonesia enggan menyebutkan jumlah omset yang mereka dapatkan selama ini namun menurut tafsiran pengamat, omset LAZADA dalam sebulan mencapai milyaran rupiah. LAZADA mempunyai warehouse atau gudang seluas 2.500 meter persegi dan 5.000 meter persegi di Jakarta, hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan pertumbuhan sebesar 20% setiap bulan. Hingga Desember 2012, LAZADA memiliki 13 kategori produk, dan lebih dari 3.000 subkategori. Total, perusahaan menjual 25.000 jenis produk. Pada tahun lalu, Lazada mendapatkan beberapa kali suntikan dana dari beberapa perusahaan seperti JP Mogan dan Kinnevik.
Selain Indonesia, LAZADA juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, LAZADA Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand. Selain Indonesia, Lazada juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, Lazada Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand.
Pelayanan yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain :
1.      Pilihan Produk Berkualitas yang beragam
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.  
2.   Penawaran Khusus atau Promo Produk
Dalam belanja online seperti Lazada Indonesia juga sangat memperhatikan dinamika kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik. 
3.      Layanan Super Untuk Raja
Di dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja konvensional.
Di Lazada Indonesia memiliki banyak layanan luar biasa atau layanan super antara lain :
Layanan Telepon Hotline
Anda dapat melepon ke nomor telepon yang tercantum di web.
b.   Gratis Biaya Kirim ke seluruh Indonesia
Kini Lazada Indonesia memeberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000
c.   Pengembalian barang dalam 14 hari
Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan.
pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
d.   Waktu Kirim
Walaupun belum menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day delivery), tapi Lazada Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal layanan pengiriman. Kini pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.

Walaupun mengalami hambatan dalam melakukan penjualan di awal – awal pembentukan Lazada Indonesia, pihak Lazada sangat merespon dengan sangat baik dengan melakuakn berbagai promo untuk menaikkan keinginan masyarakat berbelanja di dalam situs mereka. Sehingga jika melihat kesuksesan yang diraih oleh Lazada kita dapat menyimpulkan bahwa system E-commerce yang dibawa oleh perusahaan rocket internet dengan anak perusahannya yaitu Lazada sangat diminati oleh para konsumen.
Sedangkan untuk kekuranggan dari E-commerce Lazada Indonesia adalah :
  1.  tidak menutup kemungkinan dari costumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs E-commerce ini yang dikarenakan nomor customer yang dicantumkan di situs nerupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama kebanyakan situs / penjual produk bohonggan (penipuan) yang juga tersebar di internet. 
  2. Respon layanan konfirmasi pembayaran yang masih sedikit terlambat 
  3. Beberapa produk yang available stock di website ternyata out of stock di gudang
  4. Layanan M-Banking dan pembayaran kartu kredit yang belum memiliki integritas tinggi 
Omset Perusahaan tidak diketahui pertahunnya tapi lazada 4 tahun beroperasi , lazada cetak hasil transaksi penjualan sebesar 17 triliun.

daftar pustaka :
http://tasamouzdalifah.blogspot.co.id/2016/10/profil-perusahaan-lazada.html 
https://www.money.id/digital/4-tahun-beroperasi-lazada-cetak-transaksi-penjualan-rp17-triliun-160315w.html

Kamis, 15 Juni 2017

Review Game Berjaringan



Judul/Bab      : Game Berjaringan (Penulisan 8)
Nama            :  Wandi Muhammad Arif
NPM             :  5C414180
Kelas            :  3IA21
Mata Kuliah :   Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen :  Syefani rachma deski

Game Online yang menerapkan Artificial Intelligence

A.    Mobile Legend 

                    Image result for mobile legends 
      Aplikasi Mobile Legends: Bang bang adalah aplikasi permainan game moba yang bisa  pengguna mainkan di Handphone layaknya seperti pemainan legend yaitu Dota. Jadi pengguna akan merasakan permainan layaknya bermain dota dan bermain secara online dengan pemain lain yang menggunakan permainan ini untuk bersenang – senang dan melakukan double kill triple kill dan rampage. Game ini menggunakan konsep AI karena terdapar robot cerdas seperti monsters yang diatur untuk menjadi lawan.

B.   The Sims 

                Image result for the sims
      The Sims adalah game RPG(Role Playing Game), apa sih RPG itu? RPG adalah Sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan kolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokoh-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari system peraturan permainan yang telah ditentukan. AI pada game ini adalah adanya tokoh-tokoh yang berjalan dan mengatur kehidupannya sendiri.

Perbedaan dari kedua game diatas adalah dari jenis gamenya  Mobile Legend adalah game Moba sedangkan The Sims adalah game RPG. Dan juga terletak pada AI dimana Mobile Legend mempunyai robot cerdas berupa monster sedangkan The Sims berupa manusia.

Rabu, 14 Juni 2017

Game Berjaringan


Judul/Bab      : Game Berjaringan (Tugas 8)
Nama            :  Wandi Muhammad Arif
NPM             :  5C414180
Kelas            :  3IA21
Mata Kuliah :   Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen :  Syefani rachma deski

Pengertian Game Berbasis Web
Web Game atau sering disebut juga Game Berbasis Web merupakan suatu permainan game komputer yang dimainkan melalui internet dan menggunakan aplikasi dari web browser. Jadi apabila kita temukan ada sebuah game yang berbasiskan web atau web game, maka untuk memainkan game tersebut harus mengaktifkan internet dan juga menggunakan aplikasi web browser.
Konsep dari Web game adalah game yang berbasis internet sehingga membutuhkan LAN dan koneksi internet agar web game tersebut bisa berjalan.
LAN ( Local Area Network)
Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan cakupan lokal (ruangan). Devices atau tools yang digunakan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya. Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah lokal.

Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Kelebihan game online:
  • Mendapatkan banyak teman di penjuru dunia dan bisa berinteraksi
  • Bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual char
  • Belajar leadership dan teamwork
  • Mengajarkan rasa toleransi
  • Melatih kecepatan mengetik dan memainkan mouse
  • Tidak mudah bosan karena pembuat game online selalu update.
Kelebihan game offline:
  • Lebih hemat karena tdak perlu terkoneksi ke jaringan internet
  • Umumnya grafis dan alur ceritanya lebih menarik
  • Loadingnya lebih cepat
  • Lebih santai saat memainkannya