Selasa, 16 Mei 2017

USER INTERFACE PADA GAME

Judul/Bab    :       USER INTERFACE PADA GAME  (TUGAS)/BAB 6
Nama           :       Wandi Muhammad Arif
NPM            :       5C414180
Kelas            :       3IA21
Mata Kuliah :       Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen :      Syefani rachma deski


User interface berarti tampilan antar muka pengguna. Jika didefinisikan secara sederhana User interface adalah penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin. User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.
Desain user interface dalam game berbeda dari desain user interface lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang sebenarnya atau player. Sebuah desain interface pada suatu game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user atau pemain meminati game tersebut.  Dalam user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakkan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Loretzon dari Chalmers University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.
HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul  di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
 
            Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :

  • Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Grand Theft Auto 4 Berinteraksi dengan telepon di Grand Theft Auto 4 adalah contoh menarik. Ini meniru interaksi dunia nyata – Anda mendengar dering telepon dan ada penundaan sebelum karakter dan pemain menjawabnya. Elemen UI sebenarnya itu sendiri muncul pada pesawat hub 2D, jadi itu benar-benar elemen Meta, meskipun awal interaksi yang diegetik.

Capture2
  • Spatial
Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
Fable 3 adalah contoh di mana unsur-unsur spatial yang digunakan untuk memberikan informasi lebih kepada pemain dan mencegah mereka dari melompat ke layar peta. Jejak bersinar hampir cocok dalam fiksi mengingat kualitas estetika ajaib itu tapi karakter tidak dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain ke tujuan berikutnya.

Capture4
Perbedaan pada game tersebut adalah yang pertama game yang bernama Grand Theft Auto 4 permainan video aksi-petualangan yang dibuat oleh DMA Design (sekarang Rockstar North) dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Permainan ini memungkinkan pemain untuk mengambil peran seorang penjahat yang dapat berkeliaran dengan bebas di sekitar kota besar. Berbagai misi yang ditetapkan untuk penyelesaian, seperti perampokan bank, pembunuhan, dan kejahatan lainnya. Grand Theft Auto terdiri dari serangkaian tingkatan, masing-masing ditetapkan dalam salah satu dari tiga kota utama. Pada tiap tingkat, pemain tujuan akhir adalah untuk mencapai target sejumlah titik, yang biasanya dicapai dengan melakukan tugas-tugas untuk kota sindikat kejahatan lokal. Setiap tingkat memiliki tugas unik. Berhasil menyelesaikan sebuah misi penghargaan pemain dengan poin dan membuka kesempatan untuk berusaha lebih keras misi untuk imbalan yang lebih tinggi, sementara penghargaan kegagalan beberapa poin dan mungkin permanen menutup peluang bagi lebih banyak tugas.
Fabel 3 adalah Memiliki jalan cerita yang mirip seperti dongeng. Desain permainannya sendiri juga sangat persis dengan game-game Fable sebelumnya. Kamu akan menjalankan misi, bertarung melawan hobbes, mengumpulkan sejumlah barang-barang tersembunyi dan menjelajahi dunia yang begitu luas dan fleksibel serta dipenuhi dengan elemen humor ala Inggris. Sekarang, semuanya sudah jauh lebih teratur dan lebih tradisional dibandingkan sebelumnya.
Tujuan utama dari game tersebut sekarang adalah mengumpulkan pengikut sebanyak mungkin sehingga kamu bisa melangkah selangkah lebih maju lagi, sehingga otomatis kamu akan bisa membuka elemen permainan baru, meng-upgrade karakter kamu dan pada akhirnya, bisa menggulingkan sang raja lalim tersebut. Sebenarnya mirip dengan upaya kamu di dalam dunia politik. Dengan menyelesaikan misi, memberikan uang kepada para pengemis, bersalaman tangan dan membuat janji kepada para pemimpin-pemimpin yang penting di dunia merupakan salah satu cara kamu untuk membuktikan bahwa diri kamu memang pantas untuk disebut sebagai pahlawan.
Jadi perbedaan story board dari kedua game tersebut sudah bisa membedakan jauh untuk cara bermain nya.


Sumber :
https://sylviaalfarina.wordpress.com/2015/04/22/user-interface-pada-game-komputer/ 
https://id.wikipedia.org/wiki/Grand_Theft_Auto
http://www.kotakgame.com/review/detail_review/2802/394/Fable-III

Minggu, 23 April 2017

Contoh Kasus Efek Negatif dan Efek Positif pada Game

Nama             : Wandi Muhammad Arif
NPM               : 5C414180
Kelas              : 3IA21
Matkul            : Pengantar Teknologi Game
Dosen            : Syefani Rahma Deski

Contoh Kasus Efek Negatif pada Game : Ayah Kecanduan Main Game, Anak Jatuh dari Apartemen
            Seorang bocah 3 tahun bernama Zhejiang jatuh dari lantai 3 gedung apartemennya, akibat sang ayah terlalu kecanduan dalam memainkan ponselnya.Peristiwa itu bermula setelah keluarga besar Zhejian makan malam. Kala itu sang nenek mencuci piring dan anggota keluarga lain melakukan aktivitas masing-masing. Sedangkan sang ayah, Zhang, tengah mengawasi putrinya sambil bermain game di telepon genggamnya.Zhang sangat khawatir dan mencarinya di setiap sudut ruangan. Saat menemukan jendela terbuka, ia segera menengoknya dan terkejut melihat putrinya berada di lantai bawah. Dalam kondisi sudah berbaring di tanah.
Contoh Kasus Efek Positif pada Game : Dapat Duit Rp 96 Miliar dari Main Game
Pria asal Swedia yang tinggal di Inggris ini memang sangat populer di YouTube. Sekitar 37 juta subscriber terpukau melihat aksinya main game. Dengan audiens sebanyak itu, mudah bagi Felix menarik iklan dan jadi endorser berbagai produk. Itu yang membuatnya kaya. Pemilik video di YouTube, apalagi yang populer, menghasilkan uang dengan menampilkan iklan di videonya. Untuk tiap video yang diputar dengan iklan, Felix mendapat sedikit uang. Dan karena pemirsa videonya begitu banyak, Felix pun kaya raya.


Interaksi Fisik dalam Game



Nama             : Wandi Muhammad Arif
NPM               : 5C414180
Kelas              : 3IA21
Matkul            : Pengantar Teknologi Game
Dosen            : Syefani Rahma Deski


A.  Interaksi Fisik dalam Game

Game…. , kita semua pasti tidak asing dengan kata-kata ini , dan setiap kita mendengar kata – kata ini hal yang ada dalam pikiran kita pasti permainan di komputer , console game ataupun mobile game. Game sendiri sekarang tidak hanya dimainkan oleh anak- anak namun segala usia sekarang memainkan beragam game dengan beragam platformnya. Selain itu tujuan bermain game juga banyak seperti untuk hiburan , menghilangkan rasa bosan ,karna hobby atau bahkan untuk menghilangkan stress!!!.

          Kalau sudah bermain game biasanya kita sampai lupa waktu , yang tadinya hanya unutk mengisi waktu luang malah bisa mengambil waktu kita dan membuat kita malas melakukan kegiatan lain .  Selain memakan waktu bermain game terlalu lama pastimenimbulkan efek fisik pada pemain game itu sendiri .

          Berikut ini akan saya jelaskan beberapa efek fisik yang timbul dari bermain game, yaitu :


  • Efek Positif
     Aktivitas Fisik

Video Game sekarang tidak hanya menggunakan stick (alat kontrol bermain game ) namun banyak juga game yang menggunakan sensor gerak , seperti WII , VR dan OCULUS . hal ini membuat tubuh harus bergerak dan membuat tubuh kita melakukan aktifitas fisik yang cukup melelahkan . jadi kita bisa berolahraga sambil bermain game ,menyenangkan bukan ??

Mengurangi Stress
Seperti yang kita tau tujuan utama diciptakannya game adalah sepagai sarana hiburan ,karna itu bermain video game yang ringan dan menyenangkan bisa mengurangi tingkat stress seseorang , walaupun tak banyak game yang seakrang susah untuk dimainkan dan malah membuat pemainnya merasa stress dan kesal :D.

·    Meningkatkan konsentrasi
Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi. Tapi jangan jadikan alasan ini untuk malas belajar ya kawan-kawan :D .

Mengatasi rasa sakit
Yang dimaksud disini biasanya bermain game bisa membuat kita lupa tentang rasa sakit yang kita alami baik fisik maupun emosional . misalnya orangy ang sakit dan hanya bisa beridam diri dirumah .dengan adanya video game bisa membaut orang tersebut senang dan melupakan rasa sakitnya .

Meningkatkan koordinasi tangan dan mata
Menurut Penelitian yang dilakukan di Manchester University dan Central Lanchashire University “orang yang bermain game 18 jam seminggu atau sekita dua setengah jam perhari dapat meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan “ . berarti bermain video game tidak sepenuhnya tidak berguna  tapi juga jangan sampai lupa waktuuu.


  • Efek Negatif
Kesehatan menurun
            Biasanya jika seseorang sudah kecantuan game mereka bisa lupa waktu dan bahkan tidak ingat bagaimana rasanya lapar (pengalaman) . oleh karena itu hal ini tentu saja bisa membuat kualitas kesehatan menurun bahkan terganggu ,belum lagi untuk gamer yang sering begadang untuk bermian game . dari menurunnya kesehatan ini biasanya menimbulkan masalah fisik juga , diantaranya masalah fisik dari terlalu sering bermain game :

Arthritis dan Carpal 
            Tunnel Syndrome ,  Kedua penyakit tadi adalah gangguan fisik. Video game bisa menyebabkan masalah pada jempol pemainnya di kemudian hari. Tubuhnya juga rentan penyakit osteoarthritis. Sedangkan carpal tunnel syndrome adalah tekanan pada saraf di pergelangan tangan anda. Mungkin hal ini bisa membuat kita lebih memikirkan waktu dalam bermain game dan membatasinya.

Dapat menyebabkan cedera pada anggota tubuh
Jika sering terjadi maka menyebabkan Repetitive Strain Injury (RSI) atau cedera fisik berulang-ulang. Contoh : Cedera jari sehingga bengkak dan sakit yang berulang terus-menerus.

RSI
RSI yang sering terjadi bisa menyebabkan kecacatan / cacat fisik pada seseorang. Contoh : seting pegal-pegal nyeri tulang belakang bisa membuat bentuk tulang belakang menjadi tidak proporsional.

Kerusakan Mata
Sinar biru layar tv atau monitor bisa menyebabkan kerusakan mata, yaitu mengikis lutein pada mata sehingga menyebabkan pandangan kabur degenerasi makula. Main game yang terlalu dekat dengan layar monitor komputer atau layar telavisi bisa menyebabkan mata minus rabun jauh atau miopi. Tidak hanya dari game namun juga bisa menyerang pada saat nonton televisi.


B.  Collision Detection
adalah algoritma untuk mendeteksi collision atau tabrakan dan sangat di butuhkan untuk membuat program game. Contoh penggunaan collision detection ada dalam flash mulai versi 5 ke atas yang telah menyediakan method yang bernama hitTest untuk memeriksa apakah sebuah movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. sebelum collison detection ini tersedia, seorang programmer flash harus mendeteksi secara manual koordinat sebuah movie clip dan cara ini di rasa sangat merepotkan.

User Interface pada Game Komputer

user interface adalah tampilan yang di lihat oleh pengguna. user interface berfungsi sebagai penghubung atau mediator antar kompute dan manusia agar hubungan perangkat komputer dengan user bisa terjalin.
dalam user interface desain terdapat beberapa elemen di antaranya adalah 
  • Diegetic
diegetic adalah elemen user interface yang ada dalam dunia permainan bersifat fiksi dan geometris sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi denan mereka melalu visual, audible atau haptic
  • Meta
Meta adaah gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu di visualisasikan spasial untuk pemain
  • Spatial
spatial / spasial adalah elemen user interface yang di sajikan dalam ruang permainan 3 dimensi dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya.
  • Non-Diagetic
adalah antarmuka yang di berikan di luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke permain di dunia nyata desain interface ini semuanya menggunakan visual heads-up display atau HUD