Judul : Desain Pemodelan Grafik
Nama : Wandi Muhammad Arif
NPM : 5C414180
Kelas : 3IA21
Matkul : Desain Pemodelan Grafik
Dosen : Syefani Rahma Deski
- SEJARAH DESAIN GRAFIK
Sejarah
desain grafis tidak dapat dilepaskan dari sejarah perkembangan seni
rupa, awal penemuan desain grafis berbentuk sebuah lambang - lambang
yang berwujud gambar yang memiliki arti tersendiri atau berupa tulisan.
Lukisan tertua yang pernah ditemukan adalah lukisan di gua Lascaux,
Perancis yang diperkirakan berasal dari 15.000 - 10.000 SM.
Tulisan
adalah perkembangan dari gambar, yang dimana tulisan lebih mudah untuk
dijadikan sebagai media komunikasi karena lebih mudah dimengerti
daripada gambar. Sudah dari zaman primitif manusia menggunakan gambar
sebagai media komunikasi entah mulai dari kapan mereka menggunakannya.
Desain
grafis berkembang mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern.
Pada tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris kelmscott
mempublikasikan buku karya desain grafiik yang dibuat oleh gerakan Arts
and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih bagus dan elegan
untuk dijual kepada orang-orang kaya. Morris membuktikan adanya potensi
pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori
pemisahan desain grafik dari seni rupa. Karya –karya Morris dan karya
dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art Nouveau,
dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada
awal abad ke 20.
Kata
"Desain Grafik" sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1922 di
sebuah essai yang berjudul New Kind of Printing Calls for New Design
yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku asal
Amerika.
Raffe's
Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku
pertama yang menggunakan istilah Desain Grafik pada judulnya.
The
signage in the London Underground adalah contoh desain klasik pada abad
modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston
pada tahun 1916.
Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu tidak
ada
gunanya bagi Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia
nyata. Mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain,
pakaian, perabot, logo, menu, dll.
Jan
Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun
1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold,
Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, and El Lissitzky adalah
tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafik yang kita
kenal sekarang ini. Mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan
sepanjang abad ke 20. Pada tahun-tahun berikutnya desain grafik mendapat
banyak pengakuan dan mulai banyak diterapkan. Pasca Perang Dunia II,
kebutuhan akan desain grafik meningkat pesat, terutama untuk periklanan
dan kemasan produk. Perpindahan Sekolah Bauhaus dari Jerman ke Chicago
pada tahun 1937 membawa pengaruh besar pada desain di Amerika. Nama-
nama yang terkenal diantaranya Adrian Frutiger(desainer jenis huruf
Univers dan Frutiger), Paul Rand(yang dari akhir 1930-an sampai
kematiannya pada tahun 1996 menggunakan prinsip Bauhaus dan
menerapkannya padaiklan dan desain logo
Perkembangan
grafis terus berkembang hingga saat ini dan akan terus berkembang
hingga seterusnya seiring waktu berjalan dan akan semakin mudah
dipelajari.
- PENGERTIAN DESAIN GRAFIK
Dalam Dunia Informatika Desain & Pemodelan Grafik memiliki arti masing-masing.
Tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
ada beberapa pendapat Grafik menurut para ahli seperti :
Jadi, dapat kita simpulkan Desain Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh computer. Kita kini sudah ketahui semua bahwa grafika computer bukan hanya permodelan 2D saja yang hanya menggambarkan sebuah penggambaran tampak depan,namun ada pula permodelan 3D yang lebih terlihat seperti nyata. Itu semua sesuai dengan perkembangan computer yang sangat pesat.
- Desain
Tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
- Grafik
ada beberapa pendapat Grafik menurut para ahli seperti :
- KARL E. CASE Grafik adalah penyajian dua dimensi dari suatu kelompok angka atau data
- MURRAY R. SPIEGEL & LARRY J. STEPHENS Grafik merupakan tampilan gambar dari hubungan di antara variabel – variable
- I WAYAN NUARSA Grafik merupakan penyajian data dalam bentuk gambar atau simbul
- SOEDARSO Grafik merupakan bentuk penyajian visual yang dipakai untuk membandingkan jumlah data pada saat – saat yang berbeda
- YUDHY WICAKSONO Grafik merupakan salah satu model penyajian data dalam bentuk visual yang banyak digunakan di berbagai bidang profesi.
- Model
- Model fisik seperti maket, bentuk prototype,
- Model citra seperti gambar rancangan, citra computer,
- Rumusan matematis, dll.
Jadi, dapat kita simpulkan Desain Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh computer. Kita kini sudah ketahui semua bahwa grafika computer bukan hanya permodelan 2D saja yang hanya menggambarkan sebuah penggambaran tampak depan,namun ada pula permodelan 3D yang lebih terlihat seperti nyata. Itu semua sesuai dengan perkembangan computer yang sangat pesat.
- PRINSIP DESAIN GRAFIK
1. Balance (keseimbangan)
Keseimbangan dalam desain sangat penting antara keadaan dan perasaan
akan menghasilkan sebuah objek yang memiliki arti mendalam keseimbangan
antara warna dengan objek yang dibuat akan menyegarkan mata yang melihat
dan membuat terkesan dengan objek yang dibuat.
2. Rhythm (Ritme)
Ritme/
Irama adalah pola yang dibuat oleh elemen-elemen secara berulang dan
bervariasi. Pengulangan (mengulangi unsur serupa secara yang konsisten)
dan variasi (perubahan dalam bentuk, ukuran, posisi atau elemen) adalah
kunci untuk ritme visual. Menempatkan elemen dalam sebuah layout secara
teratur akan membuat nuansa yang lembut, tenang dan santai. Perubahan
yang tiba-tiba pada ukuran dan jarak elemen akan menyiratkan nuansa
cepat, ritme yang hidup dan suasana menarik.
3.Empasis(Tekanan)
Tekanan
dilakukan pada apa yang menonjol atau yang akan terlihat pertama kali.
Sebuah layout membutuhkan titik fokus untuk menarik mata pembaca ke
bagian yang dianggap penting. Terlalu banyak titik fokus akan
mengalahkan apa yang ingin diungkapkan. Umumnya, titik fokus akan muncul
ketika sebuah elemen nampak berbeda dari yang lain.
4.Unity(Kesatuan)
Kesatuan
dalam desain untuk menyatukan sebuah unsur objek , misalkan dalam
sebuah objek terdapat nama , warna dan gambar , ketiga elemen ini akan
disatukan agar menjadi serasi dan memiliki arti
5.Propotion(Proporsi)
Proporsi
termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk
memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan –
perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan
matematis dalam sebuah bidang
- UNSUR DESAIN GRAFIK
1. Shape(Bentuk)
Shape atau Bentuk adalah yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Beberapa bentuk dasar yang dikenal orang adalah lingkaran,segitiga,kotak,persegi panjang dll.
2. Line(Garis)
Line atau garis adalah sebuah unsur desain yang menghubungkan antara titik poin dengan titik poin yang lainnya yang akan menghasilkan sebuah objek baru.
Space atau ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain. Sebagai contoh, tanpa ruang Anda tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf. Tanpa ruang Anda tidak tahu mana yang harus dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
4. Texture(Tekstur)
Texture atau teksture merupakan tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara melihat ataupun dengan sentuhan. contoh teksture seperti karpet yang memiliki permukaan yang kasar ada juga yang halus.
5. Size (ukuran)
Size atau ukuran unsur adalah lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
6. Color (Warna)
Color atau warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas Perkembangan Desain Grafis di Berbagai Media, Pada awalnya media desain grafis hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun, perkembangannya semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video).
- JENIS-JENIS GRAFIK
Terdapat 2 jenis grafik yaitu grafik vektor dan Bitmap .
Grafik vektor adalah grafik yang tersusun oleh sekumpulan garis,kurva, dan bidang tertentu dengan menggunakan serangkaian instruksi yang masing-masing didefinisikan secara matematis. Setiap garis, kurva,dan bidang tertentu tersebut mempunyai properti atau atribut masingmasing berupa fill, stroke, dan node. Gambar vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi gambar atau titik pixel (dpi).
Grafik Bitmap adalah atau yang dikenal dengan istilah raster , bitmap merupakan titik-titik berwarna yang disebut pixel. Pixel tersebut ditempatkan pada lokasi tertentu. Tampilan warna bitmap menunjukkan gradasi dan warna dari sebuah gambar. Format bitmap mempunyai kelemahan dimana ditiap tampilan sangat tergantung pada resolusi gambar.
Perbedaan :
Grafik Vekto :
Grafik vektor adalah grafik yang tersusun oleh sekumpulan garis,kurva, dan bidang tertentu dengan menggunakan serangkaian instruksi yang masing-masing didefinisikan secara matematis. Setiap garis, kurva,dan bidang tertentu tersebut mempunyai properti atau atribut masingmasing berupa fill, stroke, dan node. Gambar vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi gambar atau titik pixel (dpi).
Grafik Bitmap adalah atau yang dikenal dengan istilah raster , bitmap merupakan titik-titik berwarna yang disebut pixel. Pixel tersebut ditempatkan pada lokasi tertentu. Tampilan warna bitmap menunjukkan gradasi dan warna dari sebuah gambar. Format bitmap mempunyai kelemahan dimana ditiap tampilan sangat tergantung pada resolusi gambar.
Perbedaan :
Grafik Vekto :
- Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming) karena tidak bergantung pada banyaknya pixel.
- Kehalusan gambar grafis vector tidak bergantung pada ukuran dpi,tetapi pada out put device, seperti monitor dan printer.
- Semakin canggih output device yang digunakan, semakin halus grafis yang tampak.
Grafik Bitmap :
- Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster /pixel (picture element) /dot /titik
- Satuan ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi (dot per inch) yang berarti banyaknya titik dalam satu inch.
- Dalam file computer, grafis bitmap biasanya berekstensi (.bmp, .jpg, .tif, .gif, .pix dan .pex.)
Sumber :
http://silentmaestro.blogspot.co.id/2016/09/sejarah-desain-pemodelan-grafik.html
https://wikishare27.wordpress.com/desain-pemodelan-grafik/
http://silentmaestro.blogspot.co.id/2016/09/sejarah-desain-pemodelan-grafik.html
https://wikishare27.wordpress.com/desain-pemodelan-grafik/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar