Rabu, 24 Mei 2017

Penampilan Grafik Scene Game Komputer

Judul/Bab      : Penampilan Grafik Scene Game Komputer (Tugas 7)
Nama             :  Wandi Muhammad Arif
NPM               :  5C414180  
Kelas              :  3IA21  
Mata Kuliah   :   Pengantar Teknologi Game  
Nama Dosen :  Syefani rachma deski






Visibility

Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer. Untuk menciptakan sebuah game yang terlihat menarik dan berkualitas sehingga user atau pengguna dapat menikmati game tersebut.

Game dengan tipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan, diantaranya :
  • 2 Dimensi Graphic 
Gambar 2D berperan dalam membuat game sebagai tekstur untuk objek, latar belakang seperti langit dan pemandangan, meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
  • 3 Dimensi Object / Model 
Tipe pemodelan 3D Object/ Model inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, objek-objek seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon dan bukit. Objek 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash dan Blender.

Selain kedua tipe pemodelan diatas, pada video game sering terdapat istilah scene 2.5D. Pada dasarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dengan dengan scene 2D (dua dimensi). Namun pada 2.5D terdapat beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya bayangan dan hal lainnya yang dibuat seakan-akan menyerupai scene 3D.

Pada gameplay terlihat seperti game 2D, dimana hanya dapat bergerak secara horizontal dan vertical. Namun pada beberapa gambar terdapat proses rendering secara 3D. Teknik grafik 2.5D ini biasa disebut dengan pseudo-3D, sedangkan istilah pada game dengan tipe ini dikenal dengan isometric/diametric/trimetric projection.

Kegunaan 2.5D didalam game berperan sebagai pengaturan gerakan seperti golden axe, double dragon, path finding yang biasanya cukup sederhana. Hal ini berguna untuk memberikan efek yang lebih 'hidup' pada saat posisi pemain bergerak dalam game tersebut. Pada video game, biasanya scene 2.5D ini lebih digunakan dalam visualisasi geografis (GVIS) untuk membantu memahami representasi visual spasial-kognitif atau visual 3D.

Level of Detail

Dalam komputer grafis, akuntansi untuk tingkat detail melibatkan pada menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti untuk bergerak menjauh dari penampil atau sesuai dengan metrik lainnya seperti objek penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi.
Tingkat teknik detail meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau bergerak cepat.


Contoh Game yang Memiliki StoryBoard dan Level

  • Candy Crush
Ketika Anda memulai permainan, Anda akan melihat papan permainan yang dipenuhi dengan permen. Apakah Anda memperhatikan permen-permen yang terletak di tempat-tempat tertentu dan bagian belakang tempat tersebut berwarna abu-abu? daerah abu-abu tersebut adalah tempat di mana permen akan diletakkan di dalam papan permainan. Anda hanya dapat memindahkan permen pada daerah-daerah tersebut (yang berarti bahwa jika terdapat lubang pada papan permainan, Anda tidak bisa memindahkan permen ke lubang tersebut). Setiap level memiliki tujuan yang harus dicapai. Tujuan yang harus dicapai bisa berupa mencapai poin dengan jumlah tertentu, menghancurkan set ubin tertentu (permen yang dilapisi dengan jelly), atau tujuan lain seperti memaksa benda-benda tertentu untuk jatuh ke bawah.

  •  Criminal Case 
Saat ini game Criminal Case cukup populer dan banyak orang yang suka memainkan game ini. Game CrimSinal Case cukup mudah untuk dimainkan karena terdapat tutorial yang dapat membantu memberikan petunjuk dalam permainan. Game Criminal Case adalah game bebasis detektif yang dikembangkan oleh pretty simple games. Game ini terus dikembangkan menjadi lebih baik, selain itu game ini dapat dimainkan pada smartphone android. Cara bermain game Criminal Case adalah Kita berperan sebagai seorang detektif yang harus menyelidiki kasus di TKP(Tempat Kejadian Perkara) dan mengumpulkan semua petunjuk untuk memecahkan sebuah kasus. Setiap level memiliki kasus yang berbeda, semakin tinggi level maka akan semakin sulit.


daftar pustaka :
http://dearahmasari18.blogspot.co.id/2016/06/grafik-scene-game-komputer.html , http://www.serbabebaas.com/pengenalan-game-criminal-case-pemula/ , http://id.wikihow.com/Memainkan-Candy-Crush-Saga


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar