Nama : Wandi Muhammad Arif
NPM : 5C414180
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani rachma deski
USER INTERFACE
User interface berarti tampilan antar muka pengguna. Jika didefinisikan secara sederhana User interface adalah penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin. User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.
User interface berarti tampilan antar muka pengguna. Jika didefinisikan secara sederhana User interface adalah penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin. User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.
Desain user interface dalam game berbeda dari desain user interface lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang sebenarnya atau player. Sebuah desain interface pada suatu game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user atau pemain meminati game tersebut. Dalam user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakkan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Loretzon dari Chalmers University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.
HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
Game dengan tipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan, diantaranya :
Visibility
Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada komputer. Untuk menciptakan sebuah game yang terlihat menarik dan berkualitas sehingga user atau pengguna dapat menikmati game tersebut.
- 2 Dimensi Graphic
- 3 Dimensi Object / Model
Contoh Game yang Memiliki StoryBoard dan Level dan desain antarmuka game terdapat beberapa elemen :
- Candy Crush
Ketika Anda memulai permainan, Anda akan melihat papan permainan yang dipenuhi dengan permen. Apakah Anda memperhatikan permen-permen yang terletak di tempat-tempat tertentu dan bagian belakang tempat tersebut berwarna abu-abu? daerah abu-abu tersebut adalah tempat di mana permen akan diletakkan di dalam papan permainan. Anda hanya dapat memindahkan permen pada daerah-daerah tersebut (yang berarti bahwa jika terdapat lubang pada papan permainan, Anda tidak bisa memindahkan permen ke lubang tersebut). Setiap level memiliki tujuan yang harus dicapai. Tujuan yang harus dicapai bisa berupa mencapai poin dengan jumlah tertentu, menghancurkan set ubin tertentu (permen yang dilapisi dengan jelly), atau tujuan lain seperti memaksa benda-benda tertentu untuk jatuh ke bawah.
- Criminal Case
- Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Grand Theft Auto 4 Berinteraksi dengan telepon di Grand Theft Auto 4 adalah contoh menarik. Ini meniru interaksi dunia nyata – Anda mendengar dering telepon dan ada penundaan sebelum karakter dan pemain menjawabnya. Elemen UI sebenarnya itu sendiri muncul pada pesawat hub 2D, jadi itu benar-benar elemen Meta, meskipun awal interaksi yang diegetik.
- Spatial
Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
Fable 3 adalah contoh di mana unsur-unsur spatial yang digunakan untuk memberikan informasi lebih kepada pemain dan mencegah mereka dari melompat ke layar peta. Jejak bersinar hampir cocok dalam fiksi mengingat kualitas estetika ajaib itu tapi karakter tidak dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain ke tujuan berikutnya.
daftar pustaka :
http://dearahmasari18.blogspot.co.id/2016/06/grafik-scene-game-komputer.html , http://www.serbabebaas.com/pengenalan-game-criminal-case-pemula/ , http://id.wikihow.com/Memainkan-Candy-Crush-Saga
https://sylviaalfarina.wordpress.com/2015/04/22/user-interface-pada-game-komputer/
https://id.wikipedia.org/wiki/Grand_Theft_Auto
http://www.kotakgame.com/review/detail_review/2802/394/Fable-II
http://www.kotakgame.com/review/detail_review/2802/394/Fable-II
Tidak ada komentar:
Posting Komentar