USER INTERFACE PADA GAME
Judul/Bab : USER INTERFACE PADA GAME (TUGAS)/BAB 6Nama : Wandi Muhammad Arif
NPM : 5C414180
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani rachma deski
User interface berarti tampilan antar
muka pengguna. Jika didefinisikan secara sederhana User interface adalah
penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user komputer
itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin.
User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena
dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan
suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.
Desain user interface dalam game berbeda
dari desain user interface lainnya karena melibatkan unsur tambahan
fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang sebenarnya atau player.
Sebuah desain interface pada suatu game mempengaruhi kenyamanan dan
sejauh mana user atau pemain meminati game tersebut. Dalam user
interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakkan oleh Erik
Fagerholt dan Magnus Loretzon dari Chalmers University of Technology.
Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface
berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player Immersion
in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface
yang berkaitan dengan desain video game.
HUD itu sendiri kepanjangan
dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul
disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna
permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun
MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD
ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah :
- Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia
game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh
yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan
darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Grand Theft Auto 4
Berinteraksi dengan telepon di Grand Theft Auto 4 adalah contoh
menarik. Ini meniru interaksi dunia nyata – Anda mendengar dering
telepon dan ada penundaan sebelum karakter dan pemain menjawabnya.
Elemen UI sebenarnya itu sendiri muncul pada pesawat hub 2D, jadi itu
benar-benar elemen Meta, meskipun awal interaksi yang diegetik.
- Spatial
Elemen User Interface yang disajikan
dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia
permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
Fable 3 adalah contoh di mana unsur-unsur
spatial yang digunakan untuk memberikan informasi lebih kepada pemain
dan mencegah mereka dari melompat ke layar peta. Jejak bersinar hampir
cocok dalam fiksi mengingat kualitas estetika ajaib itu tapi karakter
tidak dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain ke tujuan
berikutnya.
Perbedaan pada game tersebut adalah yang pertama game yang bernama Grand Theft Auto 4 permainan video aksi-petualangan yang dibuat oleh DMA Design
(sekarang Rockstar North) dan diterbitkan oleh Rockstar Games.
Permainan ini memungkinkan pemain untuk mengambil peran seorang penjahat
yang dapat berkeliaran dengan bebas di sekitar kota besar. Berbagai
misi yang ditetapkan untuk penyelesaian, seperti perampokan bank,
pembunuhan, dan kejahatan lainnya. Grand Theft Auto terdiri dari serangkaian tingkatan, masing-masing
ditetapkan dalam salah satu dari tiga kota utama. Pada tiap tingkat,
pemain tujuan akhir adalah untuk mencapai target sejumlah titik, yang
biasanya dicapai dengan melakukan tugas-tugas untuk kota sindikat
kejahatan lokal. Setiap tingkat memiliki tugas unik. Berhasil
menyelesaikan sebuah misi penghargaan pemain dengan poin dan membuka
kesempatan untuk berusaha lebih keras misi untuk imbalan yang lebih
tinggi, sementara penghargaan kegagalan beberapa poin dan mungkin
permanen menutup peluang bagi lebih banyak tugas.
Fabel 3 adalah Memiliki jalan cerita yang mirip seperti dongeng. Desain permainannya sendiri juga sangat persis dengan game-game Fable
sebelumnya. Kamu akan menjalankan misi, bertarung melawan hobbes,
mengumpulkan sejumlah barang-barang tersembunyi dan menjelajahi dunia
yang begitu luas dan fleksibel serta dipenuhi dengan elemen humor ala
Inggris. Sekarang, semuanya sudah jauh lebih teratur dan lebih
tradisional dibandingkan sebelumnya.
Jadi perbedaan story board dari kedua game tersebut sudah bisa membedakan jauh untuk cara bermain nya.
Sumber :
https://sylviaalfarina.wordpress.com/2015/04/22/user-interface-pada-game-komputer/
https://id.wikipedia.org/wiki/Grand_Theft_Auto
http://www.kotakgame.com/review/detail_review/2802/394/Fable-III
http://www.kotakgame.com/review/detail_review/2802/394/Fable-III
Tidak ada komentar:
Posting Komentar